Sunday, May 2, 2010

Tentang Google

Dalam dunia internet siapa yg g kenal dgn Google.Inc sang mesin pencari paling favorite.
Buat anda yg hoby surfing,tentu tdk asing lg dengan situs yang satu ini.Meski sekilas tampilannya sederhana,tapi di balik kesederhanaan itulah tersimpan kecepatan pencarian.
Bicara soal search angine yang satu ini memang cukup menarik.Google Inc. merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat,yang berbasis di Mountain View,California.Jangan kaget bila perusahaan ini memiliki karyawan berjumlah kurang lebih 15.916 orang(data terakhir 30 september 2007).Karena google merupakan mesin pencari,jadi layanan yang di berikan google adalah memberikan informasi sebanyak dan secepat mungkin untuk bisa di akses oleh semua pengguna internet.
Dengan misi mengumpulkan informasi dunia dan menjadikannya dapat di akses secara universal dan berguna,maka tidaklah mengherankan bila menjadikan google sebagai mesin pencari nomer satu.Filosofi google meliputi slogan seperti "don't be evil",dan "kerja harusnya menantang dan tantangan itu harusnya menyenangkan".Nama "Google" berasal dari ucapan "googlo" yang salah,yang merujuk pada 10100(angka yang di tunjukkan oleh 1 yang di ikuti oleh seratus nol).
Google ini didirikan 7 september 1998 oleh dua orang mahasiswa Universitas stanford yaitu Larry Page dan Sergey Brin.Tapi awalnya perusahaan ini milik pribadi yang artinya belum go publik.Sebenarnya Google di mulai sebagai sebuah proyek pencarian pada Januari 1996 oleh dua mahasiswa yaitu Larry Page dan Sergey Brin.
Mereka menghipotesiskan bahwa sebuah mesin pencari yang menganalisa hubungan antara website dapat menghasilkan hasil yang lebih baik daripada teknik yang sudah ada,dengan menilai hasil berdasarkan jumlah pencarian tersebut muncul pada sebuah halaman.
Mesin pencari mereka di sebut "BackRub" karena sistem ini lebih bisa memperkirakan pentingnya sebuah situs yang di inginkan si pencari.Sebenarnya ada mesin pencari bernama Rankdex juga menggunakan strategi yang sama.
Selanjutnya kedua mahasiswa itu menguji tesis mereka sebagai bagian dari pembelajaran mereka,dan menjadikannya dasar mesin pencari mereka.Sebulumnya mesin pencari mereka menggunakan website Universita Stanford dengan domain google.etanford.edu.Selanjutnya tanggal 15 september 1997,dan menjadi perusahaan bernama Google Inc.Pada tanggal 1 september 1998 pada sebuah garasi rumah di Menlo Park,California.
Investasi awal yang di peroleh untuk perusahaan baru ini bernilai hampir $1.1 juta,termasuk sebuah cek senilai $100.000 dari Andy Benchtolsheim,salah satu pendiri Sun Microsystems.Selanjutnya Google pindah markas ke Palo Alto,di Silicon Valley.
Setelah Google tumbuh dan berkembang pesat,lalu mereka memindahkan markasnya dengan menyewa sebuah komplek bangunan di 1600 Ampitheatre Parkway,Mountain View dari Silicon Graphics (SGI) pada tahun 2003.Selanjutnya Google menetap di lokasi itu hingga saat ini,dan komplek ini mulai dikenal sebagai Googleplex (plesetan dari kata googloplex,yang berarti angka 1 yang di ikuti oleh seratus nol).
Mesin pencari Google menarik perhatian diantara jumlah pengguna internet yang terus meningkat,yang menyukai desain simpelnya dan penggunaannya.Pada tahun 2000,Google mulai menjual iklan yang dikaitkan dengan kata kunci pencarian.Iklan tersebut hanya berupa teks polos untuk menjaga sebuah desain halaman yang teratur dan untuk meningkatkan kecepatan pemunculan halaman.Katan kunci dijual berdasarkan pada kombinasi tawaran harga dan jumlah klik,dengan penawaran dimulai pada $.05 per klik.
Model penjualan iklan kata kunci sebenarnya telah di liris oleh Goto.com(akhirnya mereka merubah nama menjadi Overture Services,sebelum diambil alih oleh Yahoo! dan diganti merek menjadi Yahoo! Search Marketing).
Sejak 2001,Google telah mengambil alih beberapa perusahaan muda kecil,kebanyakan pada bidang tim dan barang-barang inovatif.Perusahaan yang pertama kali dibeli Google adalah Pyra Labs.Mereka merupakan pembuat blogger,sebuah platform weblog,pertama diluncurkan pada 1999.Pengambilan alih ini menyebabkan berbagai fitur utama menjadi gratis.
Bulan februari 2006,perusahaan perangkat lunak Adaptive Path menjual Measure Map,sebuah aplikasi statistik weblog,kepada Google.Registrasi untuk beroperasi tidak diizinkan untuk sementara.Pembaharuan terakhir mengenai masa depan Measure Map dijalankan tanggal 6 April 2006 dan mengeluarkan berbagai masalah layanan ini.
Pada tahun 2006,Google membeli situs video online YouTube senilai $1.65 milyar.Tidak lama,pada 31 Oktober 2006, Google mengumumkan bahwa mereka juga telah mengambil alih JotSpot,sebuah pembuat teknologi wiki untuk situs web sejenis.Tanggal 13 April 2007,Google mencapai persetujuan untuk membeli DoubleClick.Google setuju untuk membeli perusahaan tersebut senilai $3.1 milyar.
Pada 9 juli 2007,Google mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani sebuah persetujuan untuk membeli perusahaan keamanan e-mail Postini.Tidak itu saja,meski Google merajai pasaran online tapi Google telah memulai percobaan dengan bisnis lainnya seperti radio dan penerbitan.Pada tanggal 17 Januari 2006,Google mengumumkan bahwa mereka telah mengambil alih perusahaan periklanan radio dMarc,yang menyediakan sebuah sistem otomatis yang membolehkan suatu perusahaan beriklan di radio.
Dengan ini,Google dapat menggabungkan dua media periklanan niche-Internet dan radio-dengan kemampuan Google untuk berfokus pada kepuasan konsumen.Google juga telah memulai sebuah percobaan dalam penjualan iklan dari pengiklannya di terbitan majalah dan suratkabar,dengan iklan pil

0 komentar:

Post a Comment